Penataan ruangan rumah dengan gaya eklektik memang sangat disukai cukup banyak orang, walaupun sedikit sulit untuk diwujudkannya.

Gaya elektik merupakan gabungan dari beberapa konsep desain seperti klasik, tradisional, kontemporer, dan modern. Memang agak sulit mencari definisi gaya desain ini. Tapi pada intinya, gaya ini adaptasi gaya arsitektur yang modern tetapi tak menonjolkan ke-modernitas-an.

Pakar desainer interior asal Manhattan, Amerika Serikat, Rita Konig dan perusahaan mebel modern, Joybird menguraikan hal-hal yang harus dan tidak boleh dilakukan saat membangun rumah dengan konsep elektik:

Pertimbangan layout

Perencanaan ruang gaya eklektik sering kali membuat kita terjebak pada beberapa tampilan, seperti warna, tekstur, dan pola. Penempatan atau tata letak pun akan mempengaruhi setiap detail perencanaan.

“Saya pikir tata letak adalah salah satu hal yang paling penting untuk sebuah ruangan, lebih dari item warna atau kain,” kata Konig.

Kemudian untuk mengisi tata letak, Joybird menyarankan untuk pilih ulang kembali barang-barang Anda. Atau bisa juga menggunakan barang-barang lama yang eye-catching.

Oleh karena itu, pikirkan lebih matang lagi untuk tata letak atau perabotan seperti apa yang akan membuat Anda nyaman dan ingin selalu berada di dalam kamar maupun ruangan.

Pertimbangkan fungsinya

Dalam menentukan dekorasi untuk desain eklektik, pikirkan kembali bahwa ruangan tersebut adalah untuk benar-benar ditempati. Oleh karenanya, Konig mengajak menelaah kembali fungsi dekorasi ruangan anda.

Konig juga menyarankan untuk mempertimbangkan beberapa unsur properti ringan untuk ruangan agar tampak manis, seperti keranjang, rak buku, minuman, nampan, serta meja kartu. Karena unsur-unsur tersebut mampu memberikan rasa nyaman.

Konsisten

Sifat gaya eklektik beragam, namun setiap ruangan di dalam rumah baiknya dapat saling melengkapi satu sama lain. Joybird memberi menyarankan, sebaiknya desain eletik di setiap ruangan saling berkesinambungan satu sama lain di setiap ruangannya.

“Membawa eklektisisme ke seluruh ruangan di rumah Anda, buatlah mengalir,” ucapnya.

“Ruang akan nampak seperti terputus-putus apabila adanya perubahan gaya yang secara tiba-tiba dari satu ruangan ke ruangan lain,” tambah Joybird.

Pilih satu warna

Walau hanya satu warna, namun harus bisa berfungsi sebagai faktor pemersatu seluruh desain. “Biarkan warna berfungsi sebagai equalizer besar, menarik tampilan secara keseluruhan,” saran Joybird.

Apakah anda tertarik pada warna hijau zaitun atau putih, konsistenkan dekorasi untuk tampilan kohesif.

Tata letak dan warna cat

Mengubah tatak letak konsep elektik ini juga ada baiknya dilakukan dalam skala waktu tertentu. Karena tak ada salahnya untuk mencoba gaya eklektik baru.

Seperti apa yang disampaikan Konig bahwa masalah besar seperti warna cat dinding yang, misalnya, menjadi cerah setelah sekian lama, bisa diakali dengan tata letak ruangan yang pas dengan warna cat tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *