Bagaimana Desain Rumah Idaman Dengan Budget Minim ?

Rumahku surgaku adalah istilah yang tepat mengingat rumah merupakan tempat tinggal manusia. Karenanya, setiap orang akan berlomba-lomba membuat rumahnya sebagai tempat yang nyaman.

Tapi, tak sedikit dari mereka mengalami kendala dalam merancang dan menata rumah idamannya. Mulai dari luas tanah terbatas hingga ketersedian budget yang minim.

“Setiap orang pasti ingin punya rumah yang luas, termasuk saya. Tapi, keterbatasan rumah di BTN membuat saya harus berpikir bagaimana menata rumah, hal itu memang menjadi kendala,” kata Nila Susanti, salah seorang pegawai swasta yang kini tengah sibuk menata rumahnya.

Dirinya harus berpikir ekstra keras untuk menata rumah di atas tanah 66 meter persegi. “Ya harus dipertimbangkan apa saja yang bisa ditempatkan di dalam rumah dengan luas tanah segitu. Bagaimana caranya supaya bisa membuat nyaman sesuai harapan,” terangnya.

Interior Architect Designer Suwija memberikan tips bagaimana menata rumah idaman dengan biaya minim. Setidaknya, ada empat cara yang bisa diterapkan.

Dirinya menyarankan agar mereka yang ingin merancang maupun menata rumah dengan biaya minim namun tetap mendapatkan hasil maksimal supaya menggunakan material buatan lokal.

“Bahan-bahan lokal juga memiliki kualitas yang baik dan tidak kalah dengan kualitas luar,” kata Suwija saat berbincang dengan merdeka.com.

Selanjutnya, perlu diperhatikan bentuk permainan rumah yang diinginkan. Dirinya mengimbau agar rumah bisa dibentuk simpel namun tetap terkesan unik dengan memperhatikan luas tanah yang dimiliki.

“Karena hal ini bisa menjadi focal point. Permainan bentuk rumah juga disesuaikan dengan luasan tanah yang akan dibangun, jangan terlalu memaksakan keinginan tetapi lahan tidak memadai,” terangnya.

Langkah ketiga ialah dengan memperhatikan pemilihan cat yang tepat saat proses penyelesaian. Menurutnya, penggunaan warna yang kontras mampu memberi kesan modern terhadap rumah tersebut.

“Untuk menghemat budget tetapi hasil maksimal juga bisa memilih finishing seperti cat dinding, buatlah satu atau dua bagian yang menggunakan warna-warna yang kontras sehingga tidak monoton dan terkesan modern,” lanjutnya.

Terakhir, pemberian taman di depan rumah juga perlu dilakukan. Dengan begitu, rumah lebih terlihat asri selain sebagai pelengkap arsitektur bangunan.

“Sebaiknya sisakan bagian depan rumah untuk dibuat taman, karena dengan adanya taman membuat kesan asri dari rumah itu sendiri, sebagai pelengkap model arsitektur rumah, dan juga memberikan keseimbangan terhadap rumah yang dibangun dengan batu dan semen,” tutupnya

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*