Hobi ini Bisa Melatih Otak Anda Secerdas Einstein

Setiap orang pasti memiliki hobi. Dengan melakukan hobi tersebut, seseorang akan merasa senang dan memiliki kepuasan tersendiri. Apalagi jika hobi yang dilakukan membawa banyak keuntungan bagi hidup Anda.

Di samping membawa kesenangan, melakukan hobi tertentu ternyata dapat melatih otak dan membuat Anda lebih pintar, bahkan sepintar Albert Einstein. Penasaran? Simak ulasanya mengenai tujuh hobi yang bisa membuat otak Anda lebih gemilang.

1. Membaca

Apakah Anda hobi membaca buku? Seperti yang dikatakan para peneliti otak bahwa membaca sebenarnya meningkatkan fungsi otak. Selain itu, membaca dapat memicu pertumbuhan saraf baru karena mendapat informasi yang aktual.

Reading flexes atau bagian-bagian otak yang berhubungan dengan pemecahan masalah, melihat pola, dan menafsirkan apa yang dikatakan orang lain kepada kita tentang perasaan mereka. Selain itu manfaat lain dari hobi membaca antara lain meningkatkan memori dan melatih bagian otak untuk berimajinasi.

2. Memainkan alat musik

Selama bertahun-tahun, para pakar telah melakukan penelitian mengenai manfaat musik. Dari hasil penelitian tersebut mengungkapkan bahwa musik berfungsi untuk memecahkan masalah dan pengenalan pola. Memainkan musik juga dapat menghubungkan kedua saraf ke belahan otak.

Alasan ini membuat para ilmuan percaya bahwa memainkan musik membuat manusia menjadi lebih cerdas. Seperti contoh seorang siswa dapat dengan mudah menyelesaikan soal matematika yang rumit. Selain itu, memainkan alat musik dapat membuat kedua sisi otak bekerja jauh lebih baik.

3. Berolah raga

Berolah raga menghasilkan protein (BDNF) dalam aliran darah. Saat darah bergerak melalui otak, sel-sel akan menyerap protein yang bertanggung jawab untuk meningkatkan memori agar lebih fokus.

4. Belajar bahasa baru

Beberapa jaringan otak digunakan untuk mengartikan suara kita, memberikan makna, dan kemudian menanggapinya. Kinerja otak ini akan makin terasah oleh mereka yang mengerti beberapa bahasaa berbebda.

Mereka yang memiliki kelebihan bahasa ini juga akan lebih fokus pada lebih dari satu tugas pada waktu yang bersamaan. Ini karena ada beberapa jaringan otak yang terhubung dengan jaringan penalaran dan perencanaan.

5. Terlibat pelajaran kumulatif

Belajar kumulatif digambarkan sebagai proses di mana kita mengambil apa yang sudah kita ketahui dan melapisi dengan informasi baru. Seperti contoh, matematika adalah pelajaran kumulatif, mulai dari belajar fungsi dasar, dan memecahkan soal cerita.

Jika sudah dewasa kita cenderung menghentikan belajar kumulatif. Padahal, penelitian membuktikan jika kita terus belajar kumulatif akan mempertajam memori, mudah memecahkan masalah, dan mudah belajar bahasa asing.

6. Memainkan Teka-teki silang

Kita harus menempatkan otak kita seperti komputer. Semakin banyak informasi yang kita dapat, semakin fungsi otak bekerja lebih keras lagi.

Otak manusia memiliki jaringan bernama otak plastisitas. Ini adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada koneksi yang baru ketika kita mendapat informasi yang aktual, terlibat dalam pemikiran, dan memaksa untuk mengingat. Teka-teki silang dan permainan yang membutuhkan strategi seperti catur akan memaksa otak kita untuk menerima informasi yang aktual dan membuat koneksi macam itu.

7. Bermeditasi atau yoga

Penelitian mengatakan bahwa meditasi dapat mengontrol pemikiran lebih baik dari sebelumnya, fokus, konsentrasi, kekuatan memori akan bertambah, serta menghindarkan diri Anda dari stres.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*