Setiap tahun, majalah ternama Forbes mengeluarkan daftar orang-orang terkaya di dunia. Daftar ini biasanya diisi oleh orang-orang yang sukses memberikan kontribusi besar pada dunia, baik dari sisi ekonomi, bisnis dan teknologi.

Untuk tahun 2017 ini, Forbes telah merilis daftar baru untuk orang-orang terkaya di dunia. Berdasarkan daftar ini, Anda bisa melihat ada beberapa tokoh yang masih betah berada di dalam daftar dan ada juga para miliuner baru yang berhasil masuk dalam daftar ini.

Selain itu, daftar orang terkaya ini juga bisa jadi inspirasi Anda. Berikut uraiannya seperti ditulis Cermati.

1. Bill Gates

Peringkat pertama orang terkaya dunia ditempati pria asal Seattle, Amerika Serikat, Bill Gates selaku pendiri raksasa Microsoft.

Meski bergelimang harta dengan kekayaan mencapai USD 86 miliar atau sekitar Rp 1.143 triliun, Bill Gates banyak memberikan donasi dari pendapatannya. Bersama istrinya Melinda, dia memimpin Bill & Melinda Gates Foundation, yayasan amal swasta terbesar di dunia. Yayasan ini bekerja untuk menyelamatkan nyawa dan memperbaiki kesehatan global, dan bekerja sama dengan Rotary International untuk menghilangkan polio.

Gates telah menduduki daftar Forbes sebagai miliuner terkaya di dunia sebanyak 18 kali dari 23 tahun terakhir. Walaupun sudah tidak menjadi CEO, dia masih menjadi anggota dewan Microsoft, perusahaan perangkat lunak yang didirikannya bersama Paul Allen pada 1975. Pada akhir 2016, Gates mengumumkan peluncuran dana investasi terobosan senilai USD 1 miliar dengan sekitar 20 orang lainnya

. Warren Buffett

Nama Warren Buffett sudah tidak asing lagi didengar apabila Anda membahas mengenai investasi. Dia adalah seorang pengusaha yang memiliki kemampuan luar biasa dalam bidang investasi. Tak hanya itu saja, Buffett juga memiliki Berkshire Hathaway yang merupakan perusahaan konglomerasi.

Buffett dengan kekayaan mencapai USD 75,6 miliar atau sekitar Rp 1.005 triliun memiliki sikap pekerja keras sejak kecil. Ketika umurnya masih 11 tahun, dia pernah menjadi loper koran karena ingin mencari uang sendiri, dan hingga saat ini namanya diperhitungkan sebagai investor paling sukses sepanjang masa.

Dikenal juga sebagai seorang dermawan di mata dunia, dia dan Bill Gates meluncurkan ‘The Giving Pledge’ sebuah program amal untuk meminta para miliarder menyumbangkan kekayaan mereka.

3. Jeff Bezos

Pendiri sekaligus pemilik Amazon.com, Jeff Bezos memiliki hampir 17 persen saham di Amazon, yang didirikannya di sebuah garasi di Seattle pada tahun 1994. Bezos datang ke Princeton dan bekerja di sebuah hedge fund sebelum berhenti untuk menjual buku secara online.

Kekayaan Jeff Bezos tercatat mencapai USD 72,8 miliar atau sekitar Rp 968 triliun.

Hasratnya yang lain adalah perjalanan luar angkasa: perusahaannya yang lain dan bergerak dalam perhubungan dan penerbangan, Blue Origin, sedang mengembangkan roket yang dapat digunakan kembali untuk membawa penumpang.

4. Amancio Ortega

Peringkat ke-4 diduduki oleh Amancio Ortega yang merupakan pendiri Zara. Pria asal Spanyol tersebut sayangnya harus turun 2 peringkat. Sebelumnya dia menduduki peringkat ke-2 untuk daftar orang terkaya versi Forbes tahun 2016.

Ortega adalah orang terkaya di Eropa dengan total kekayaan mencapai USD 71,3 miliar atau sekitar 948 triliun, dan juga pengecer terkaya di dunia. Dia membangun Zara Inditex bersama mantan istrinya Rosalia Mera (wafat 2013) pada tahun 1975 dan menjadi tokoh penting dalam dunia fashion,

Dia juga telah melebarkan dunia bisnisnya di bidang real estate yang terus berkembang maju dan telah mendirikan beberapa bangunan di Madrid, Barcelona, London, Chicago, Miami dan New York.

5. Mark Zuckerberg

Hampir seluruh orang di dunia telah menggunakan Facebook. Hingga kini Facebook memang menjadi media sosial yang paling banyak digunakan. Wajar saja apabila Mark Zuckerberg sang pendiri menjadi salah satu orang terkaya di dunia, bahkan di saat usianya masih sangat muda.

Total kekayaan Mark tercatat USD 56 miliar atau sekitar Rp 744,8 triliun.

Sejak tahun 2010 nama Mark Zuckerberg tidak pernah sekalipun mangkir dari daftar orang-orang terkaya di dunia oleh Forbes. Mark sendiri sudah menikah dengan Priscilla Chan pada tahun 2012 lalu dan sudah dikaruniai 2 anak perempuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *